Tuesday, March 22, 2016

Demo taxi konvensional versus taxi online

Pagi tadi berangkat kerja seperti biasa, jam setengah tujuh udah cuss jalan karna takut kejebak macet di proyek jalan tol kalimalang. Alhamdulillah disitu malah lancar jaya, ga nemuin kendala yang terlalu berarti. Sampe menjelang keluar jalan kalimalang itu masih aman terkendali.

Dan kepadatan mulai berasa begitu masuk cawang depan BNN. Awalnya ngira ah.. mungkin emang lagi rame  nih, karna terkadang suka ngerasa kalo hari selasa itu suka lebih macet ketimbang senin. Nah.. pas di depan BNN itu (tepatnya sih sebelum halte busway) mulai ngerasa aneh, ini koq yang rame banyakan taxi biru yah? Dan malah ada salah satu taxi yang neriakin ke salah satu taxi yg berisi penumpang untuk nurunin penumpangnya. Dan ditambah dibelakang taxi ada spanduk seukuran mobil yang bertuliskan "stop illegal transportation" ealah..... baru ngeh saya kalo ternyata mereka-mereka itu mau pada demo toh. Ga mau berlarut-larut daripada nanti kejebak macet total bin parah, langsung aja saya cuss tancep gas secepet-cepetnya salip sana sini cari celah yang bisa dilewatin. Dan Alhamdulillah kena macet imbas taxi yang demo cuma disitu aja.

Tapi ternyata, cerita dan berita tentang demo taxi ini ga berhenti sampai disitu. Nah sebelumnya saya jabarin dulu alasan yang bikin para sopir taxi ini pada demo. Jadi mereka ngerasa kalo semenjak ada taxi uber dan grab pendapatan mereka jadi menurun drastis. Sebenernya ga cuma uber sama grabcar aja sih, gojek juga dimana adalah bentuk layanan transportasi berbasis aplikasi juga disebut-sebagai biang kerok menurunnya pendapatan para sopir taxi tersebut. Bahkan sebenernya bukan cuma sopir taxi aja yang demo, tapi juga dari kalangan sopir angkot, karna angkot juga ngerasa kena imbas dengan adanya jasa transportasi berbasis aplikasi.

Nah.. yang bikin jadi rame adalah demonya ini ricuh, bukan ricuh lagi kalo saya bilang mah, ini udah lebih dari sekedar ricuh. Mereka, para sopir taxi itu men-sweeping (cieee bahasanya keren kali ini..) maksudnya macem razia gitu deh, mereka men-sweeping rekan mereka sesama sopir taxi (kalo dari yang terekam di beberapa foto dan video sih rata-rata yang anarkis itu dari taxi biru). Mereka nyari taxi yang masih beroperasi normal alias masih ngangkut penumpang untuk ga ngangkut lagi alias ikutan demo aja. Ealah... pak pak, orang mau nyari rejeki koq dihalang-halangi sih.. udah gitu mereka pake acara ngerusak taxi-taxi yang masih ngangkut penumpang. Serem bro, udah macem tawuran anak sekolah, malah kalo saya bilang lebih dari tawuran anak sekolah ini mah. Malah ada salah satu video yang berhasil direkam sama salah seorang netizen dan disebarluarkan, dimana isinya ada salah satu taxi dimana sopirnya yang kayaknya keukeuh ga mau demo dan tetep narik penumpang itu dihalang-halangin sama rekan-rekannya sesama sopir taxi tapi dia ga mau ngalah gitu aja. Dia seruduk-serudukin itu orang yang pada ngehalangin jalannya dia. Maju mundur (tapi bukan maju mundur cantik ala mba syahrini yak) nyeruduk sopir-sopir yang pada ngehalangin padahal saat itu juga kondisi agak macet dimana banyak antriam mobil disebelah kanan mobil taxi itu. Ngeliat video itu kaya ngeliat game-game mobil gitu hihihihi tadi sih ada netizen yang nyebutin nama gamenya, tapi karna saya bukan maniak game jadi ga terlalu ngeh.

Demo kayanya masih berlangsung sampe menjelang sore. Sampe tadi sore ada breaking news dimana taxi biru memutuskan bahwa akan ada taxi gratis selama sehari mulai jam 00.00 s/d 23.59. Kebanyakan orang-orang ga peduli sama promo ini, karna yang masyarakat butuhin itu jasa transportasi yang aman dan nyaman serta dengan harga yang masuk akal. Kebanyakan orang pilih naek uber, grab serta gojek khan itu karna mereka ngerasa dengan jasa transportasi berbasis aplikasi itu lebih memudahkan mereka dalam beraktivitas. Dimana mereka tinggal pesen jasa angkutan yang dibutuhin trus tinggal nunggu deh, dan sang angkutan langsung nongol ditempat yang dimau. Khan kalo angkutan biasa mereka mesti nunggu dulu, nyari-nyari dulu, itu yang orang ngga mau.

Sejauh ini, tuntutan mereka yang demo hari ini adalah mereka menuntut dibubarkannya grab, uber dan jasa angkutan yang berbasis aplikasi termasuk gojek. Karna mereka ngerasa ga adil, mereka udah bayar pajak sedangkan jasa transportasi berbasis aplikasi tersebut ga bayar pajak dan mereka bisa beroperasi bebas. Okee.. mungkin dari segi yang ini mereka bener, tapiiii ya tetep aja cara mereka salah. Dulu saya pernah denger ada ungkapan yang bilang kalo seseorang ngasih emas tapi ngasihnya dilempar ya tetep aja yang dikasih ga akan nerima. Ya kira-kira kaya gini lah contohnya. Hihihi.. maafkan saya andai perumpaan saya gak tepat

Ya weslah,,, semoga kedepannya akan ada jalan keluar yang baik bagi semuanya.

#latepost karna semalem diintipin pas lagi nulis ini

^_^

No comments:

Post a Comment